PPDB Jabar 2022 Tahap I, Calon Peserta SMA Panik Belum Dapat Akun

  • Whatsapp
Foto: Calon peserta didik dan didampingi orangtua mendatangi SMAN 5 Kota Bekasi, untuk mendapatkan akun, saat pembukaan pendaftaran PPDB Jabar tahap I jenjang SMA/SMK/SLB, Senin (6/6).

KanalBekasi.com – Sejumlah calon peserta didik belum mendapat akun saat pembukaan pendaftaran tahap I PPDB online jenjang SMA/SMK/SLB tahun ajaran 2022, Senin (6/6).

Anto, salah satu orangtua murid yang hendak mendaftar anaknya ke SMAN 5 Kota Bekasi, mengaku belum menerima akun ynag dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Karena itu, Ia dan para orangtua lainnya mendatangi SMAN 5 Kota Bekasi, untuk mendapat akun sebagai syarat pendaftaran PPDB online.

Bacaan Lainnya

“Sekarang ini jadwal pendaftaran ppdb online tahap I, dan sampai saat ini anak saya belum dapat akun,” katanya panik.

Dewan Pendidikan Tunggu Hasil Penelusuran KCD Soal Data PPDB SMA Bermasalah

Kepanikan sekaligus kekecewaan Anto dan para orangtua lainnya bukan tanpa sebab, karena sebelumnya mereka telah mendatangi Kantor Cabang DInas Pendidikan (KCD) Wilayah III Jawa Barat. Pihak KCD saat itu berjanji akan mengeluarkan akun, nyatanya justru peserta didik diminta mendatangi sekolah tujuan untuk mendapatkan akun.

“Gimana gak panik dan kecewa, saya sudah datangi KCD dan katanya nanti akan dikeluarkan akunnya. Kalau gak keluar juga akunnya, saya malah diminta menanyakan langsung ke sekolah tujuan. Koq, informasinya dibolak-balik yang akhirnya kami jadi susah begini,” ucap Anto geram.

Data PPDB SMA Bermasalah, Dewan Pendidikan Minta Penjelasan KCD

“Ada juga calonn peserta yang belum dapat googleform sebagai pengajuan pembuatan akun. Ada juga yang dapat akun tetapi tidak ada nama sekolah tujuannya. Dan pihak SMAN 5 mengeluarkan kebijakan baru lagi agar mendaftar baru untuk akun,” pungkasnya.

Informasi yang diterima bahwa pihak SMAN 5 Kota Bekasi, berjanji akan mengusahakan mengeluarkan akun bagi calon peserta didik, yang berasal dari Jawa Barat maupun luar Jawa Barat.

Adapun, dokumen yang harus diserahkan untuk jalur prestasi akademik yakni rapor semester 1 hingga 5, ijazah atau surat keterangan lulus, kartu keluarga, surat tanggung jawab mutlak orang tua dan akta kelahiran.

Kartu keluarga yang berlaku yakni kartu keluarga yang terbit minimal satu tahun sebelum PPDB Jabar 2022 berlangsung. Apabila terjadi perubahan kartu keluarga dalam waktu kurang dari setahun karena ada anggota keluarga baru atau anggota keluarga yang meninggal, maka kartu keluarga tetap berlaku untuk pendaftaran akun PPDB Jabar 2022 asalkan, peserta didik juga melampirkan surat keterangan dari RT dan RW tentang lama tinggal di alamat domisilinya. (boy)

 

Pos terkait