Hari Ini Korlantas Tutup Rekayasa Lalu Lintas

  • Whatsapp
Ilustrasi jalan tol

KanalBekasi.com – Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan volume kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek menurun seiring berakhirnya puncak arus mudik Lebaran yang diprediksi pada H-3 Lebaran.

Kakorlantas mengatakan, pihaknya akan menutup rekayasa lalu lintas dengan skema oneway dari KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikatama sampai KM 414 GT Kalikangkung.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dilakukan karena lalu lintas cukup normal dan data kendaraan yang keluar dari GT Cikatama menuju ke arah trans Jawa berada di bawah indikator untuk dilakukan rekayasa lalin.

“Maka pada pukul 12.00 WIB akan dilakukan penutupan rekayasa lalu lintas oneway sekaligus pelaksanaan penormalan,” kata Kakorlantas, Minggu (1/5).

Keadaan arus lalu lintas sejak memasuki GT Jakarta-Cikampek terpantau sepi. Kendaraan dapat melaju dengan kecepatan normal. Tidak terlihat adanya antrean kendaraan seperti pada puncak arus mudik kemarin.

Sebagai informasi, kepadatan sempat terjadi di dua titik Tol Cikampek, Pertama di KM 37 hingga KM 57. Lalu di KM 62 hingga KM 72, pada puncak arus mudik rest area KM 57 Tol Japek sempat ditutup akibat dipenuhi pemudik yang beristirahat.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan Kemenhub dan Korlantas Polri menerapkan rekayasa lalu lintas arus mudik Lebaran 2022 berupa sistem satu arah dan ganjil genap. Kebijakan ini ditujukan untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas. Rekayasa yang diterapkan selama mudik Lebaran itu diharapkan bisa mengurangi volume kendaraan yang melalui jalan tol sebanyak 30-40%. (sgr)

 

Pos terkait