Pelaku Ganjal ATM Ditangkap, Begini Modusnya

  • Whatsapp
Pers conference kasus ganjal ATM Polda Metro jaya

KanalBekasi.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menggelar jumpa pers terkait penangkapan tiga orang sindikat pencurian dengan modus ganjal ATM. Pelaku yang ditangkap ┬áberinisial AS, Y alias N, dan CH alias D berhasil ditangkap Satresmob Polda Metro Jaya.

“Modusnya ini sedikit berbeda, dia mengganjal ATM sehingga saat orang ingin mengambil uang, maka kartu ATM milik korban tidak bisa masuk, ketiganya beroperasi dengan mengganjal slot kartu ATM sehingga mesin ATM tidak dapat menerima kartu,” kata Yusri, Senin (30/8)

Bacaan Lainnya

Yusri menyebut, ketiganya menggunakan berbagai jenis ATM dengan bentuk yang sudah dimodifikasi di bagian ujungnya. Kemudian pelaku akan mencoba mengecoh pelaku.

“Pertama dia ganjal di situ (slot kartu ATM-nya), nanti setelah itu ketika korban kesulitan memasukkan kartu ATM datang satu orang pelaku mencoba membantu memasukkan. Di saat itulah si pelaku kemudian dengan cepat menukar dengan kartu ATM yang sama banknya. Karena dia sudah siapkan banyak ATM, kartu ATM yang dikerik tipis sehingga bisa masuk,” terangnya

Kemudian ketika korban memencet pin di ATM, ada satu yang mengintip pin yang ditekan. Tapi karena bukan ATM asli, maka tidak akan terjadi transaksi sehingga korban akhirnya pergi dan di sanalah pelaku beraksi,” jelas Yusri.

Lulusan akademi kepolisian (Akpol) tahun 1991 tersebut kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk waspada ketika hendak mengambil uang di ATM yang lokasinya berada di minimarket atau pom bensin yang sepi. Lantaran, para pelaku berkelompok dalam melaksanakan aksinya.

“Kan kalau kelompok ganjal ATM ini 3-5 orang lah, karena ini sangat mudah. Sebagai edukasi, tolong berhati-hati karena kadang modusnya sebagai penolong,” tukas Yusri. (sgr)

 

Pos terkait