Teroris yang Ditangkap di Bekasi Anggota Kelompok Jamaah Islamiyah

  • Whatsapp
Penggerebekan teroris.(ilustrasi)

KanalBekasi.com – Polri berhasil mengamankan terduga pelaku terorisme di dua tempat yang berbeda. Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menerangkan tiga orang teroris yang ditangkap oleh tim Densus 88 Antiteror fPolri pada Jumat (10/9) pagi tadi telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Updatenya, status teroris sudah naik menjadi tersangka,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Jumat (10/9)

Bacaan Lainnya

Diketahui ketiga teroris yang berinisial MEK, S dan SH ditangkap di lokasi yang berbeda. Untuk SH dibekuk di Grogol, Petamburan, Jakarta Barat sekitar pukul 08.00 WIB. Sementara dua lainnya yakni MEK dan SH ditangkap di daerah Harapan Jaya, Bekasi Utara pukul 05.30 dan 06.00 WIB.

 

Ramadhan menjelaskan, tersangka teroris SH merupakan salah satu petinggi kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

“SH itu anggota dewan syuro JI,” terangnya.

Ketiga tersangka teroris itu kini tengah dibawa ke Polda Metro Jaya untuk penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan keterlibatannya dalam aksi terorisme.

Ramdhan belum dapat memberi rincian lebih lanjut terkait barang bukti yang disita dan peran dari ketiga orang tersebut. Ia hanya menjelaskan, terduga berinisial SH merupakan “salah satu dewan syuro di organisasi JI”.

Jamaah Islamiyah merupakan kelompok yang ditetapkan sebagai organisasi teroris dengan wilayah operasi di Asia Tenggara. Kelompok ini bertanggung jawab atas serangan bom Bali pada 200

Dalam hal ini, salah satu modus pendanaan kelompok ini yang berhasil terungkap ialah menggunakan badan amal dan pemberi bantuan, Syam Organizer. Mereka membagikan kotak amal dan celengan amal kepada masyarakat untuk menghimpun dana.

Nantinya, uang tersebut akan dijadikan sebagai pendanaan jaringan teroris JI. Sejumlah pejabat dari badan amal ini telah ditangkap oleh Densus 88 pada periode 12 hingga 17 Agustus.(sgr)

 

Pos terkait