21 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Rawan Banjir

  • Whatsapp
Banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi

KanalBekasi.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan 21 kecamatan masuk dalam wilayah rawan banjir. Untuk itu masyarakat setempat diimbau waspada banjir, terlebih hujan deras masih terus mengguyur dalam sepekan terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengimbau warga tidak lagi terfokus terhadap musim hujan maupun kemarau. Peralihan iklim dan cuaca mampu menimbulkan hujan.

Bacaan Lainnya

“Bulan Mei Juni itu dihadapkan musim kemarau. Tapi, masalahnya sekarang, beberapa kali di hari terakhir ternyata turun hujan cukup deras di sejumlah wilayah,” terang Hendri, di Bekasi, Jumat (4/6)

Baca Juga: Pemprov Jabar Kebut Tiga Proyek Penangkal Banjir di Bekasi

Saat hujan dengan intensitas tinggi, daerah yang dinyatakan rawan banjir memang seringkali mengalami genangan saat hujan turun. Karena itu, BPBD meminta warga meningkatkan kewaspadaan ketika hujan turun.

”Jadi saat ada hujan deras, masyarakat mulai waspada. Apalagi yang bermukim di wilayah bantaran sungai,” ungkapnya.

Henri memberikan contoh, dampak dari hujan lebat yang turun sejak beberapa hari terakhir telah mengakibatkan banjir di dua titik. Yaitu, Kali Ulu Cikarang Utara dan Kedungwaringin.

Meskipun, tidak sampai mengenangi rumah warga. Kondisi ini harus tetap diwaspadai. Bahkan, tidak mungkin jika hujan dengan intensitas tinggi membuat banjir besar kembali merendam wilayah Kabupaten Bekasi.

”Untuk itu, karena ada perubahan cuaca dan iklim, kita semua harus waspada. Kemarin di Kali Ulu dan Kedungwaringin sudah sampai satu lutut, beruntung banjir menggenang sesaat, setelah itu surut lagi,” pungkasnya.(sgr)

Pos terkait