Krisis Stok Kartu Grafik Tahun 2021, Apakah Hingga 2022 ?

  • Whatsapp

KanalBekasi.com – Akhir- akhir ini dunia teknologi khususnya komputer sedang dilanda krisis, seperti yang kita ketahui bahwa stok dari Graphic Card ( kartu grafis ) sedang dilanda krisis stok salah satunya diakibatkan oleh Covid-19.

Selain dampak dari Covid-19 Faktor lain dari penyebab krisis tersebut adalah banyaknya para pemborong kartu grafis yang membeli kartu grafis secara masal untuk kebutuhan mining.

Bacaan Lainnya

Sebelum pembahasan ini berlanjut untuk memperkaya pengetahuan pembaja penulis ingin memberikan penjelasan mengenai definisi krisis stok, kartu grafis dan mining.

Krisis Stock
Krisis adalah sebuah keadaan dimana terjadinya suatu kejadian yang terjadi di kehidupan seseorang yang dapat mengganggu keseimbangan kehidupan selama orang tersebut tidak dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah tersebut, sedangkan Stok adalah barang atau benda yang tersedia atau disebut juga persediaan.

Jadi krisis stok adalah sebuah keadaan terjadinya sebuah ketidakseimbangan dalam ketersediaan produk atau benda dengan permintaan yang ada di pasar.

Kartu Grafik GPU
Kartu grafis atau GPU (Graphic Processing Unit) atau yang biasa dikenal dengan VGA adalah kartu yang memiliki fungsi untuk memproses gambar yang kemudian ditampilkan melalui monitor komputer anda.

Mining
Menurut Crypto-wikipedia,Mining adalah sebuah proses bitcoin baru, yang dibangun di atas komputer untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks. Penambangan adalah satu-satunya cara untuk mengeluarkan cryptocurrency. Salah satu terjemahan dari kata mining adalah menambang atau menambang.

Demikian beberapa pembahasan mengenai definisi-definisi yang dipaparkan oleh penulis seputar pembahasan kita.

Menurut penulis krisis stok ini adalah sebuah masalah yang cukup membuat pening para gamers terutama yang bertujuan untuk merakit PC (Personal Computer), dengan naiknya harga kartu grafis membuat para perakit dengan budget minim harus berfikir ulang, hal ini dikarenakan para pemborong kartu grafis tersebut mengincar kartu grafis yang notabene nya memiliki harga MSRP murah.
Dapat diketahui menurut nicehash berikut 5 kartu grafis terkiniĀ  yang paling banyak digunakan para miners dan juga gamers.

1. NVIDIA RTX 3090
Kartu grafis ini adalah seri terbaru dan tertinggi dari nvidia, RTX 3090 menjadi kartu grafis nvidia yang memiliki performa untuk gaming dan mining yang sangat baik. Dengan ukuran memory VRAM sebesar 24 GB dengan model memory GDDR6X dan CUDA Core sebesar 10496 kartu grafis ini sudah terjamin kualitas dan performanya untuk gaming dan juga mining, selain itu dengan arsitektur kartu grafis yang sudah di lengkapi teknologi Ray Tracing kartu grafis ini juga sudah pasti mensupport beberapa games yang memiliki konten grafis Ray Tracing

2. AMD Radeon VII
Radeon VII adalah satu-satunya kartu grafis AMD yang menjadi kandidat di laman nicehash.com karena menurut laman tersebut kartu grafis ini dengan mudah melibas banyak games dengan resolusi 4K, tidak hanya itu saja untuk para miner kartu grafis ini memiliki hashrate yang dapat mencapai 100 MH/s. Dengan teknologi process 7nm (nano meter) dan VRAM sebesar 16 GB kartu grafis ini memiliki performa 1.3X lebih cepat dibandingkan seri sebelumnya yaitu Radein RX Vega 64.

3. NVIDIA RTX 3080
RTX 3080 adalah kartu grafis terbaik untuk gaming dan mining untuk masa ini, dengan hashrate hampir 100 MH/s dan konsumsi listrik sebesar 220W. Secara keseluruhan kartu grafis ini menjadi yang terbaik bagi gamers dan miners. Dengan teknologi memory VRAM yang sama seperti seri diatasnya yaitu RTX 3090 yaitu GDDR6X namun dengan spesifikasi yang lebih rendah yaitu sebesar 10 GB kartu grafis ini sudah sangat bisa melibas game-game terkini terlebih lagi dengan adanya teknologi Ray Tracing kartu grafis ini sudah dapat memberikan pengalaman grafik terkini di beberapa game yang sudah mensupport Ray Tracing.

4. NVIDIA RTX 3070
RTX 3070 menjadi kartu grafis yang cukup baik dalam mining maupun gaming. Dengan hashrate sekitas 60 MH/s dan konsumsi daya sekitar 130W kartu grafis ini dapat menjadi referansi yang lebih murah dibandingkan RTX 3080. Dengan performa Cuda Core berjumlah 5888 CC dan memory VRAM sebesar 8 GB dengan arsitektur memory bertipe GDDR6, kartu grafis ini sangat kompatibel untuk perakit PC yang ingin mendapatkan harga mid-range namun performa rata kanan.

5. 5. NVIDIA RTX 3060 Ti
Inilah kartu grafis yang paling banyak dicari oleh para gamers dan miners. Dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan saudaranya yaitu 3070 membuat kartu ini menjadi pilihan terbaik untuk gamer dan miners dengan hashrate 60 MS/s dan daya yang lebih rendah dari 3070 membuat RTX 3060 Ti menjadi lebih evisien. Dengan kecepatan Cuda Cores berjumlah 4864 CC dan tipe arsitektur memory bertipe GDDR6 kartu grafik ini dapat melibas games-games masa kini dengan resolusi 1080P dengan Fps (Frame Per Second) tinggi dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah 5 kartu grafis terbaik terkini untuk gaming dan mining menurut nicehash.
Walaupun harga kartu grafis semakin tinggi dan stok di pasar pun dapat dikatakan sangat sedikit tidak perlu khawatir karena penulis memiliki beberapa cara untuk merakit PC dengan keadaan krisis sktok seperti ini, berikut adalah pendapat penulis;

1. Merakit PC tanpa Kartu Grafis

Dengan kondisi kartu grafis terkini, cukup sulit dalam mendapatkan kartu grafis yang kita ingin kan terlebihlagi dengan harganya yang cukup meroket, namun hal itu bisa di atasi juga dengan pemilihan CPU yang memiliki on board grafis seperti processor dari AMD, Produk AMD yang berupa processor generasi Zen G seperti Ryzen 5 3400G dan Ryzen 3 3200G tersebut sudah memiliki on-board grapic yang cukup kuat untuk memainkan beberapa games dengan FPSO sekitar atau diatas 60 fps (frame per second).

2. Menggunakan Kartu Grafik lama

Kartu grafis yang dimiliki oleh pembaca mungkin masih dapat memainkan games-games terkini walau pun tidak menggunakan settingan yang tinggi. Beberapa kartu grafik lama seperti GTX 1060 masih banyak digunakan oleh para gamers karena masih cukup dalam mengangkat bebrapa games hingga 60 fps walaupun tidak menggunakan settingan rata kanan (high), bahkan kartu grafis tersebut menurut steam merupakan kartu grafis yang paling banyak dipakai para gamers steam.

3. Membeli Kartu Grafis Bekas

Inilah cara terakhir menurut penulis untuk memperoleh kartu grafis yang pembaca inginkan, walaupun demikian penulis kurang menyarankan pembaca untuk meperoleh kartu grafis dengan membelinya dalam keadaan bekas, hal ini dikarenakan kita tidak tahu bagaimana pemilik sebelumnya dalam merawat kartu grafis yang mereka jual tersebut.
Demikian adalah beberapa informasi yang dapat penulis sampaikan,penulis sendiri tidak dapat memprediksi kapan terjadinya penurunan harga dan kenaikan stok kartu grafis di pasar global terutama kartu grafis edisi terbarunya. harapan penulis kedepannya adalah kondisi dunia kembali normal seperti biasanya, dan yang utama adalah stok kartu grafis kembali seperti semula dengan harga yang stabil.(red)

Mochamad Afi Adani
Mahasiswa Telkom University S1 Digital Public Relation

Dikutip dari berbagai sumber

Pos terkait