Chiki Ngebul Bikin Puluhan Anak-anak Keracunan

  • Whatsapp
Makanan chiki ngebul

Kanalbekasi,com – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Dinas Kesehatan Jawa Barat dr. Ryan Bayu Santika Ristandi mengungkapkan hingga saat ini terdapat total 28 kasus keracunan jajanan ‘chiki ngebul’ yang diolah dengan nitrogen cair sejak November 2022.

“Ada dua kabupaten/kota yang melaporkan. Yang pertama Kabupaten Tasik dengan jumlah tujuh anak yang gejala dari 24 anak yang mengonsumsi pada periode itu,” ujar dokter Ryan, Sabtu (7/1)

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan  kejadian di Tasikmalaya pada November 2022, terdapat 16 anak dilaporkan tidak bergejala, sementara tujuh anak mengalami gejala seperti pusing, sakit perut, mual, dan muntah darah. Ketujuh anak tersebut diobservasi di Puskesmas, enam diantaranya diperbolehkan pulang.

Sementara itu, satu orang anak yang di Tasikmalaya mengalami gejala berat. Sehingga, ia dirujuk dan dirawat inap di Rumah Sakit SNC Tasikmalaya. Dalam keterangannya beberapa di antaranya dilaporkan meminum cairan sisa nitrogen yang tidak menguap.

Ryan menjelaskan untuk  kasus yang terjadi di Kota Bekasi terjadi pada Desember 2022. Dari keempat anak yang mengonsumsi chiki ngebul di Bekasi, satu diantaranya mengalami gejala keracunan.

Korban juga mengalami nyeri perut yang parah dan lemas. Anak tersebut akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Haji Jakarta Timur dan dilakukan operasi lambung.

“Kondisinya sama seperti yang di Tasikmalaya, satu korban ini juga dilaporkan meminum sisa nitrogen,” tukasnya.(sgr)

 

Pos terkait