Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Hari Ini

  • Whatsapp

KanalBekasi.com Kementerian Perhubungan secara resmi membuka program mudik gratis dengan kapal laut. Mudik gratis oleh Kemenhub mulai dibuka pada Kamis (23/3).

Kemenhub menyediakan kuota 2.500 sepeda motor dan 5.000 orang dalam angkutan mudik gratis dengan kapal laut ini.

Bacaan Lainnya

Pendaftaran mudik gratis kapal laut rencananya akan ditutup pada 5 April mendatang, atau hingga kuota terpenuhi.

Untuk rute perjalanan, mudik kapal laut Kemenhub tahun ini mengambil rute Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta hingga Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Jadwal keberangkatan dari Tanjung Priok menuju Tanjung Emas adalah pada 15 dan 17 April mendatang.

Sementara untu jadwal arus balik dari Tanjung Emas ke Tanjung Priok akan diberangkatkan pada 25 dan 28 April 2023.

Syaratnya pemudikĀ  Wajib mendaftarkan diri secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan memilih moda transportasi laut. Menyertakan identitas diri peserta berupa KTP dan SIM C. Bagi yang membawa anak di bawah usia 17 tahun, wajib membawa Kartu Keluarga.

Identitas atau bukti kepemilikan motor berupa STNK yang masih berlaku. Peserta yang berhasil mendaftar secara online, wajib melakukan verifikasi ke posko yang sudah disediakan dengan membawa persyaratan identitas diri asli dan STNK motor, paling lambat 2 x 24 jam setelah pendaftaran online.

Kondisi sepeda motor haruslah: layak jalan, tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan yang dapat mengganggu proses pengangkutan motor ke dalam kapal. Tidak boleh ada box tambahan di samping kiri, kanan, atau belakang.

Jumlah helm yang dibawa harus sesuai dengan jumlah penumpang. Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam keadaan maksimal satu liter per motor. Seluruh peserta wajib sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Masing-masing motor hanya terdiri dari dua penumpang dewasa dan satu penumpang balita.

Cara Daftar Mudik Kapal Laut Kemenhub Pendaftaran mudik gratis kapal laut dilakukan melalui laman mudikgratis.dephub mulai 23 Maret-5 April 2023. Calon peserta selanjutnya mengakses menu “Daftar Untuk Laut”.

Setelah melakukan pendaftaran online, calon peserta wajib melakukan verifikasi pendaftaran di lokasi yang sudah ditentukan mulai 25 Maret 2023 hingga 7 April 2023 pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Lokasi verifikasi di Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8, Jakarta Pusat atau Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jalan Panjaitan Nomor 195 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Siapkan dokumen untuk verifikasi yakni KTP, SIM/STNK, Kartu Keluarga.

Pos terkait